Jumat, 03 Juli 2020

INTER PERSONAL SKILLS (IPS)


Keterampilam Untuk Berinteraksi Dengan Orang Lain
Oleh : Doddy Hidayat, S.E.



Dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pengamanan, seorang Anggota Satpam 
akan selalu berhubungan dengan orang lain, baik itu klien, staff, 
karyawan /pekerja, nasabah, pelanggan, suplier, tamu, aparat, atasan maupun rekan kerja. 



Untuk berhubungan dengan orang lain membutuhkan keterampilan tertentu agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan komunikasi dapat berlangsung dengan lancar.

Keterampilan dasar perorangan ini melekat pada setiap individu anggota satpam, keterampilan tersebut diantaranya adalah keterampilan mengamati, menjelaskan, mendengar, bertanya, meringkas dan memberikan umpan balik/feedback. Keterampilan ini apabila difahami dan terus dilatih akan membentuk sikap, tingkah laku dan perbuatan yang menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas pengamanan, penertiban dan pelayanan pengamanan.

Setelah mempelajari Modul IPS ini diharapkan anggota satpam  memahami pengertian Inter Personal Skills dan memiliki keterampilan mengamati, menggambarkan, mendengarkan, bertanya, meringkas, memberikan umpan balik/feedback.

Pengertian – pengertian :
1.  Inter Personal Skills
“Inter” diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “Antar”, “Personal” adalah  Pribadi” sedangkan “Skills” adalah “Keterampilan-keterampilan”. Definisi dari Inter Personal Skills dalam hubungannya dengan tugas pengamanan anggota Satpam adalah “Keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Satpam didalam berhubungan dengan orang lain”.
2.  Data/fakta
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data/fakta bisa berwujud suatu keadaan/kejadian, gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun simbol-simbol.
3.  Informasi
bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data yang bisa memberikan keterangan yang bermanfaat bagi penggunanya.
4.  Teknik Piramida Terbalik adalah mengamati atau menjelaskan sesuatu dilihat secara garis besarnya / hal umumnya dulu, baru kemudian mengerucut ke hal-hal yang lebih khusus / lebih detil.

Keterampilan Dan Latihan  Inter Personal Skills
1.  Keterampilan Mengamati
Yang dimaksud mengamati adalah memperhatikan, melihat, mengawasi. Jadi pengertian Keterampilan Mengamati (Observation Skills) adalah “Suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mampu melihat dan memperhatikan suatu objek tertentu yang dilakukan secara teliti dan Seksama, tanpa menganalisanya”.

Objek pengamatan yang dilakukan oleh seorang anggota satpam pada saat melaksanakan tugas penjagaan dan patroli adalah orang (perorangan atau kelompok), area/lingkungan, kegiatan atau situasi yang tengah berkembang.

Tugas pengamatan ini dilaksanakan untuk :
a.   Pengawasan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada saat anggota melaksanakan penjagaan di Pos Jaga / Pos Pantau dan pada saat anggota melaksanakan patroli area untuk menemukan orang mencurigakan atau situasi yag berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, ketertiban dan situasi / kegiatan yang berbahaya (sifatnya pencegahan).
b.  Mengumpulkan bahan keterangan (baket).
Dilaksanakan ketika dibutuhkan bahan keterangan untuk menyelesaikan suatu kasus atau antisipasi suatu kegiatan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.
Contoh :
1).  Antisipasi kerusuhan.
2).  Antisipasi demo.
3).  Dll.

Dengan menguasai keterampilan pengamatan, maka anggota satpam mampu menyimpan fakta yang dilihat dalam ingatan untuk dilaporkan ke atasan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan atau pembuatan suatu kebijakan pengamanan sehingga sangat penting sekali anggota satpam mampu memberikan data yang sesuai fakta sehingga atasan tidak salah dalam membuat keputusan atau kebijakan pengamanan.

Bentuk pengamatan dapat dilakukan dengan cara :
a.   Tidak turut serta (Non Participation).
Dalam hal ini anggota satpam bersikap sebagai orang luar yang kehadirannya terpisah dan tidak mengganggu objek yang diamatinya, kegiatan ini bisa dilakukan dari Pos Jaga/Pos Pantau.
b.  Turut serta (Participation).
Bentuk pengamatan ini dilaksanakan dengan cara pengamanan tertutup (pamtup) dan turut serta dalam kegiatan / situasi yang sedang diamati. Anggota satpam dapat mengambil peran yang disesuaikan dengan situasi di lapangan.

Keuntungan melaksanakan pengamatan dengan cara turut serta, adalah :
a.   Mengetahui inti permasalahan yang sebenarnya pada saat observasi.
b.  Karena turut serta dalam kegiatan / situasi, maka orang tidak akan curiga.
c.   Memungkinkan mendapat bahan keterangan yang lebih mendalam.
d.  Dapat mengumpulkan baket yang nampaknya tidak penting / tidak berhubungan yang bisa saja sangat berguna di masa yad.

Ketentuan Mengamati :
a.   Konsentrasi
Konsentrasi adalah memusatkan perhatian terhadap sesuatu, didalam hal ini adalah memusatkan perhatian pada objek yang kita amati, baik orang ataupun area jaga.
b.  Hindari hal-hal yang akan membuat perhatian kita teralihkan pada saat melaksanakan pengamatan, misalnya HP (atau peralatan lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti TV, Radio, dll), merokok, makan, minum, dll.
c.   Teliti
Yang dimaksud dengan teliti adalah : Cermat, Seksama dan Hati-hati. Teliti berarti juga memperhatikan secara rinci / detil.
d.  Dari umum ke khusus
Teknis pengamatan adalah “ Piramida Terbalik”  pertama-tama kita amati objek secara umum dan kemudian semakin rinci / detil (khusus).
e.   Tidak berpersepsi
Persepsi adalah penilaian kita terhadap objek yang kita amati, ketika kita berpersepsi (menilai objek) maka akan ada bias/prasangka yang akan berpengaruh pd penilaian.
f.   Sesuai fakta
Hasil pengamatan harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sebagai anggota Satpam kita tidak boleh menambah /mengurangi /menyembunyikan data, informasi atau keterangan kejadian kepada atasan kita.
g.   Jarak yang cukup
Jarak yang jauh dapat menyebabkan Satpam tidak bisa mengamati objek pengamatan dengan jelas, untuk itulah seorang Satpam harus bisa menentukan jarak yang ideal untuk melksanakan pengamatan dengan baik.
h.  Posisi yang tepat
Untuk melaksanakan pengamatan yang baik, seorang Anggota Satpam harus bisa menempatkan diri / standby di area yang memiliki jarak pandang memadai. sehingga anggota Satpam dapat mengamati keseluruhan objek pengamatan dengan jelas.
i.    Adanya alat bantu
Pelaksanaan pengamatan dapat dibantu dengan peralatan seperti teropong, alat rekam, alat tulis, dll.

Contoh penerapan :
a.   Anggota berperan sebagai konsumen untuk memantau aktifitas pencurian / pengutilan di suatu super market.
b.  Anggota berperan sebagai nasabah untuk memantau aktifitas orang-orang yang dicurigai akan melakukan kejahatan di banking hall.
c.   Anggota berperan sebagai penonton untuk memantau aktifitas pencopetan di suatu kegiatan massa.

Latihan Mengamati :
Amati foto dibawah ini selama 3 menit, kemudian tuliskan hasil pengamatan tanpa melihat lagi ke foto ini.


Diskusikan hasil pengamatan tadi, berapa banyak yang dapat diingat oleh pengamat, apakah sesuai dengan fakta?

Keterampilan Menjelaskan (Menggambarkan - Describing Skills)
Pengertian Keterampilan menjelaskan adalah “Suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk membayangkan, melukiskan, atau menceritakan tentang sesuatu baik objek maupun peristiwa (kejadian) yang merupakan hasil dari pengamatan, dan disampaikan dalam bahasa lisan, tulisan, atau simbol-simbol sehingga orang lain mengerti tentang apa yang disampaikannya”.

Dengan menguasai keterampilan menjelaskan ini diharapkan, anggota satpam mampu untuk :
a.   Menjelaskan suatu objek atau kejadian / peristiwa secara sistematis, dari hal-hal yang bersifat umum sampai mendetail dan rinci, sehingga dapat dimengerti oleh orang lain.
b.  Menyampaikan penjelaskan melalui pembicaraan yang jelas dan menggunakan Bahasa yang dimengerti (Bagaimana berkomunikasi dengan baik dapat dipelajari di Modul Penerapan Teori Dasar Komunikasi dan Negoisasi Bagi Satpam.
c.   Menciptakan suasana yang baik sehingga proses komunikasi berjalan dengan lancar.

Ketentuan dalam menjelaskan :
a.   Menguasai materi
Untuk bisa menggambarkan / menjelaskan suatu hasil pengamatan, maka seorang Satpam harus menguasai objek yang akan disampaikannya terlebih dahulu. Apabila seorang anggota Satpam tidak menguasai objek yang akan disampaikannya, maka akan terjadi kerancuan dan bias sehingga data/informasi/keterangan tentang suatu objek tidak bisa disampaikan dengan baik.
b.  Menyamakan persepsi.
Salah satu syarat untuk berkomunikasi yang efektif dan efisien adalah adanya kesamaan persepsi tentang Bahasa, kalimat atau symbol-simbol yang akan disampaikan.
c.   Sistematis
Sistematis berarti tertata, teratur, sesuai dengan urutan, selalu menjelaskan dari hal umum lebih dahulu baru ke hal yang lebih khusus/detil. Apa yang seorang Satpam sampaikan harus tertata dan terurut dengan benar. Suatu laporan kejadian apabila disampaikan dengan meloncat-loncat tidak terurut akan sulit untuk difahami.
d.  Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain.
Didalam penyampaian hasil pengamatan, harus dipertimbangkan apakah orang yang menerima data/ informasi/ keterangan bisa memahami bahasa yang kita sampaikan atau tidak. Seorang Satpam yang baik tidak akan menggunakan istilah-istilah keamanan atau bahasa sandi-sandi radio ketika memberikan laporan kepada staff perusahaan yang tidak memahami istilah-istilah dibidang keamanan. Pada saat menyampaikan hasil pengamatan secara lisan, anggota Satpam harus menyampaikannya dengan intonasi suara yang jelas dan bisa juga menggunakan penekanan-penekanan kata sehingga hal-hal penting bisa digarisbawahi.
e.   Menggunakan Alat Bantu
Daya serap atau daya tangkap seseorang didalam menerima penjelasan belum tentu sama, orang juga memiliki daya ingat yang berbeda, untuk memudahkan pemahaman terhadap yang digambarkan dapat menggunakan alat bantu.
f.   Konsentrasi.

Contoh penerapan keterampilan menjelaskan :
a.   Laporan langsung kepada atasan mengenai situasi dan kondisi yang terjadi.
b.  Pembuatan kronologis kejadian pada Berita Acara Kejadian (BAK).

Latihan Keterampilan Menjelaskan / Menggambarkan :
a.   Perhatikan gambar di bawah (Gambar 2) ini selama 2 menit,
b.  Jelaskan gambar tadi ke seorang rekan.
c.   Minta rekan anda untuk menggambar ulang gambar tsb di dalam selembar kertas tanpa melihat gambar 2 ini, buatlah gambar hanya berdasarkan penjelasan anda.
d.  Setelah selesai bandingkan hasilnya.
e.   Kemiripan gambar akan menunjukan sejauhmana kemampuan anda dalam menjelaskan sesuatu.

Gambar 2


Keterampilan Mendengarkan
Didalam berinteraksi dengan orang lain, keterampilan mendengarkan sangat penting, apabila salah dalam mendengarkan kita akan salah dalam menerima informasi atau menerima perintah sehingga salah pula dalam bertindak.

Pengertian Keterampilan Mendengarkan adalah “Suatu ketrampilan yang dimiliki seseorang untuk menangkap, atau menyerap suara (bunyi) dengan menggunakan indera telinga secara teliti dan cermat, menyimpannya dalam ingatan sehingga mampu menyampaikannya secara benar”.

Ketentuan Mendengarkan :
a.   Konsentrasi
b.  Jarak yang cukup dengan sumber suara
Dalam membuat jarak dengan sumber suara / orang yang berbicara kepada kita, harus dipertimbangkan “Zona Pribadi” seseorang, Zona pribadi adalah jarak yang cukup (lk 1 mtr) / tidak terlalu dekat, yang akan tetap membuat orang lain merasa nyaman.
c.   Menciptakan suasana yang nyaman dalam mendengarkan sesuatu.
Usahakan kita menghilangkan atau minimal mengurangi gangguan seperti suara nada HP, suara music, suara bising sekitar, dll.
d.  Tidak berpersepsi (sesuai fakta)
Tidak mengira-ngira / menebak-nebak mengenai apa yang didengar.
e.   Alat bantu (catatan)
Pada dasarnya manusia mempunyai daya ingat yang cukup baik, tetapi untuk menjaga agar pesan / informasi yang kita terima tidak salah, maka alat bantu catatan akan sangat berguna. Biasakalah untuk selalu membawa alat tulis dan menggunakan catatan untuk kelancaran tugas Satpam.
f.   Menyimpan sesuatu yang didengar dalam ingatan.

Latihan keterampilan mendengarkan :
a.   Tes kemampuan telinga dengan cara tempelkan jari telunjuk dengan jempol, gesek-gesekan dekat di telinga mendekat dan menjauh, apakah suara gesekan dapat terdengar dengan jelas?
b.  Latihan mendengar dan mengingat secara mandiri:
1). Dengarkan suatu rekaman (Pidato, ceramah atau dengarkan Modul Pelatihan Satpam di Youtube tanpa melihat presentasinya).
2). Ingat – ingat apa saja fakta/data/informasi yang didapat tanpa mencatatnya.
3). Ulangi sehingga 3 kali sehingga kita bisa melihat perkembangan banyaknya data/fakta/informasi apa yg kita ingat.

Keterampilan Bertanya
Untuk memperoleh keterangan atau penjelasan yang asalnya tidak diketahui atau tidak dimengerti seseorang harus bertanya, tetapi tidak semua orang memiliki keterampilan bertanya sehingga jawaban yang diharapkannya tidak didapatkan.

Keterampilan Bertanya itu sendiri adalah “Suatu ketrampilan yang dimiliki seseorang untuk meminta keterangan atau penjelasan kepada seseorang untuk mendapatkan informasi tentang apa yang belum dimengerti”.

Ketentuan Bertanya :
a.   Konsentrasi
b.  Menguasai materi
Penting untuk menguasai materi karena tanpa manguasai materi pertanyaan yang kita ajukan akan ngawur.
c.   Menyusun daftar pertanyaan
Apabila belum diberi kesempatan untuk bertanya, maka kita bisa menuliskan pertanyaan yang akan kita sampaikan untuk ditanyakan pada saat kesempatan bertanya diberikan.
d.  Artikulasi dan Intonasi suara jelas.
Belum tentu pertanyaan yang kita ajukan dapat dimengerti atau diterima dengan jelas, sehingga penanya perlu konfirmasi apakah pertanyaannya dapat dimengerti dengan jelas atau tidak?
e.   Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti orang yang ditanyai.
f.   Menciptakan suasana yang baik dan mendukung sehingga tidak ada dampak psikologis bagi orang yang ditanya (Tidak merasa ditekan).

Agar dapat bertanya dengan baik, kita harus mengetahui tujuan bertanya dengan memahami jenis - jenis Kalimat Tanya, yaitu :
a.   Kalimat tanya klarifikasi & konfirmasi
Klarifikasi dan konfirmasi adalah kalimat pertanyaan untuk penegasan dan mengukuhkan sesuatu hal  yang sebelumnya sudah diketahui oleh penanya kepada seseorang.
Contoh : Apakah saudara kenal dengan Bpk Anu?
b.  Kalimat tanya retoris
Kalimat tanya retoris adalah kalimat tanya yang tidak membutuhkan jawaban atau tanggapan langsung, biasanya dilakukan dalam pidato, orasi atau khutbah.
Contoh : Bukankah kita ini adalah umat manusia?
c.   Kalimat tanya tersamar
Kalimat tanya yang mengacu pada berbagai maksud yang tersembunyi.
Contoh : Bukankan kita semua sudah tahu siapa pelakunya?
d.  Kalimat tanya biasa
Kalimat tanya untuk menggali informasi, biasanya menggunakan 5W+1H atau Si-A-Di-De-Men-Ba-Bi.

Bentuk Pertanyaan Biasa (Si-A-Di-De-Men-Ba-Bi) :
a.   Si – Siapa? : untuk menanyakan orang-orang atau pihak yang terlibat (Pelaku atau Korban).
b.  A – Apa? : untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan
c.   Di – Dimana? : untuk menanyakan tempat berlangsungnya suatu peristiwa.
d.  De – Dengan Apa/Siapa? : menanyakan menggunakan apa atau menanyakan rekan.
e.   Men – Mengapa? : untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya sesuatu.
f.   Ba – Bagaimana? : untuk menanyakan cara atau proses terjadinya.
g.   Bi – Bilamana? : menanyakan waktu.

Dalam teori lainnya dikenal juga 6 Jenis Pertanyaan berdasarkan bagaimana pertanyaan tersebut diajukan :
a.   Pertanyaan Terbuka.
Diajukan untuk meminta informasi sebanyak mungkin, si penjawab diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk mengemukakan apa yg diketahuinya.
b.  Pertanyaan Tertutup.
Pertanyaan yang mengharapkan satu jawaban pasti, ya atau tidak.
c.   Pertanyaan Berurutan.
Pertanyaan yang diajukan secara bertubi-tubi tanpa menunggu jawaban dari pertanyaan terlebih dahulu digunakan untuk menekan orang yang ditanya.
d.  Pertanyaan Mengarahkan.
Pertanyaan yang jawabannya sudah diketahui sebelumnya, penanya mengarahkan jawaban yang diinginkannya.
e.   Pertanyaan Hipotetik.
Pertanyaan pengandaian.
f.   Pertanyaan Retorik.

Latihan Keterampilan Bertanya :
a.   Lakukan dengan berpasangan.
b.  Tentukan salah satu sebagai penanya, lakukan dengan berhadap-hadapan.
c.   Tanyakan pertanyaan – pertanyaan mengenai kegiatannya selama 3 hari kebelakang, gali urutan kejadiannya dengan menggunakan Bentuk Pertanyaan Biasa (Si-A-Di-De-Men-Ba-Bi).
d.  Latih kemampuan bertanya dengan mempraktekan jenis-jenis pertanyaan.
e.   Lakukan bergantian dan evaluasi hasilnya.

Ketrampilan Meringkas
Setelah kita mendapatkan informasi baik dari apa yang kita baca atau dari yang kita dengar, maka kita dituntuk untuk bisa meringkas dan menarik inti dari informasi tsb dan mampu melaporkannya  baik secara lisan maupun tulisan.

Keterampilan Meringkas adalah “Suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk memendekkan cerita, pembicaraan, berita / informasi, laporan dan sebagainya, dengan cara mengambil intisarinya saja tanpa mengurangi arti dan maksud dari cerita, pembicaraan, berita / informasi maupun laporan tersebut”.

Meringkas tidak sama dengan menyimpulkan, menyimpulkan merupakan kegiatan untuk menganalisa / menilai.

Dengan menguasai keterampilan meingkas ini, diharapkan :
a.   Dapat menarik inti dari setiap berita / informasi / laporan.
b.  Meringkas sesingkat mungkin, akurat dan mudh dimengerti orang lain.
c.   Mengemukakan hasil ringkasannya dengan Bahasa yg mudah dimengerti orang lain.
d.  Membedakan meringkas dan menyimpulkan.
e.   Menyadari adanya perbedaan persepsi orang yang menerima atau membaca hasil ringkasan.

Ketentuan Meringkas :
a.   Konsentrasi
b.  Sistematika
     Berdasarkan fakta-fakta dan disusun secara terurut.
c.   Intisari
Yang dimaksud intisari adalah hal-hal pokok / penting saja. Hal-hal yang tidak memiliki informasi / data yang berhubungan (penting /berguna) tidak perlu dimasukan kedalam ringkasan.
           
Latihan Keterampilan Meringkas :
a.   Bacalah suatu artikel di suratkabar atau media berita lain.
b.  Setelah selesai, buatlah ringkasan dari apa yg dibaca.
c.   Bandingkan hasilnya dengan rekan yang lain.



Keterampilan Memberikan Umpan Balik
Dalam berorganisasi termasuk dalam institusi pengamanan, kita akan melihat kekurangan / kelemahan dari orang lain yang sebetulnya bisa diperbaiki untuk mengembangkan kemampuan kinerja maupun sifat kepribadiannya. Tentu saja untuk menyampaikan apa yg perlu diperbaiki ini memerlukan keterampilan tersendiri, yakni keterampilan memberikan umpan balik.

Pengertian Keterampilan Memberikan Umpanbalik (Feedback) adalah “Suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk menyampaikan sesuatu hal kepada orang lain tentang apa yang dilihat, atau didengarkan dari tindakan orang tersebut, sehingga apa yang disampaikan itu dapat dijadikan perangsang atau pendorong bagi orang tersebut untuk dapat melakukan tindakan yang lebih baik di masa mendatang”.

Yang harus disadari dalam memberikan umpan balik adalah :
a.   Memberikan umpan balik bukan (berbeda dengan) memberikan nasihat.
b.  Kesukaran-kesukaran dalam memberikan umpan balik.
1). Ada rasa segan.
2). Belum tentu orangnya menerima dengan lapang dada.

Untuk bisa memberikan umpan balik yang bisa mengembangkan kepribadian orang lain, maka umpan balik diberikan tanpa :
a.   Mengkritik.
b.  Menyinggung perasaan orang lain.
c.   Menilai kepribadian, cara pikir dan tindakan orang lain.
d.  Memberikan masukan tanpa menambahkan penilaian / persepsi pribadi.

Ketentuan Memberikan Umpanbalik:
a.   Bertujuan untuk pengembangan diri bagi penerima umpanbalik.
b.  Terampil mengamati dan mendengarkan.
c.   Masalah yang disampaikan adalah masalah yg spesifik / khusus bukan masalah umum.
d.  Berdasarkan fakta  (tidak berpersepsi) dan menggunakan Bahasa yg baik.
e.   Dilakukan secara langsung.
f.   Waktu yang tepat (sesegera mungkin, tidak ditunda-tunda).
g.   Masalah yg disampaikan harus objektif.

Latihan Keterampilan Memberikan Umpanbalik:
a.   Latihan dilaksanakan berkelompok.
b.  Salah seorang mempraktekan suatu prosedur kerja / instruksi kerja.
c.   Anggota yg lein mengamati.
d.  Setelah selesai masing-masing anggota memberikan umpan balik atas apa yg dilihatnya dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan dalam memberikan umpan balik.

Anggota yang mempunyai keterampilan  antar persona yg baik, akan terlihat menonjol dibandingkan dengan anggota Satpam yang lainnya. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi perjalanan karir seorang Anggota Satpam, apabila terlihat memiliki kemampuan yang lebih, maka anggota tsb akan mudah terpilih apabila ada kekosongan Danru / Koordinator.

Seorang Danru / Koordinator yang tidak menguasai Inter Personal Skills akan kesulitan melaksanakan fungsinya. Untuk itulah kita harus selalu mau untuk belajar.



Referensi
a.   Peraturan Kepala  Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.
b.  Surat Keputusan Kapolri NO.POL. : SKEP/49/VI/2009 Tanggal 3 Juni 2009 Tentang Naskah Sementara Bahan Ajaran Pelatihan Kualifikasi Gada Pratama Bagi Anggota Satuan Pengamanan


6 komentar:

  1. Hatur nhun Ilmunya sangat bermanfaat buat saya...Jzzklloh

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak komandan sangat bermanpaat bagi kami sebagai anggota satpam yang di tugaskan di area masing2 NSA semakin jaya

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas ilmu dan informasinya
    Sangat bermanfaat dan membantu sekali dalam pengembangan pengetahuan sebagai petugas satuan pengamanan.
    Salam corsa satu jiwa BUMAME jaya.

    BalasHapus